- See more at: http://cak-mamat.blogspot.com/2013/07/cara-mengganti-cursor-blog-dengan.html#sthash.3JuGEMpi.dpuf

Senin, 07 November 2016

PENGANTAR TELEMATIKA (TUGAS 2)


PENGANTAR TELEMATIKA (TUGAS 2)
1. Sebutkan dan analisis 5 contoh sosial media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak yang dilakukan dengan sosial media tersebut.
1.  Twitter
   
Twitter  merupakan  layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey Evan Williams, Biz Stone dan Noah Glass, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari.Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
 Fitur yang terdapat Twitter diantaranya:
1.      Reply Tweet : untuk membalas tweet dari user lain.
2.      Hashtag : untuk mengkategorikan tweet yang kamu buat, tanda tersebut berupa tanda pagar
3.      Retweet : untuk meneruskan tweet dari orang lain ke timeline akun twitter.
4.      Follower (Pengikut) : setiap follower yang memfollow anda akan mengetahui tweet yang kita posting di timeline follower.
5.     Following (yang melakukan disebut Followers) : Akun seseorang yang mengikuti (menjadi follower) akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utamanya.

6.    Trending topics : untuk melihat hal apa saja yang menjadi trend.
7.    Tag : untuk menandai sesorang dalam sebuah foto yang telah diunggah.

8.   Tweets : Berfungsi untuk mengirimkan pesan berupa teks hingga 140 karakter pada halaman profil pengguna.
9.    Direct Message : Berfungsi untuk mengirimkan pesan yang biasanya bersifat pribadi kepada pengguna lain.

Kelebihan Twitter : 
ü    Status Twitter dapat dikirim melalui e-mail , SMS , dan jejaring sosial lainnya.
ü    Dapat diakses di berbagai media atau gadget , seperti smartphone , tablet , notebook atau PC.
ü    Status Twitter dapat langsung diumumkan ke seluruh pengguna Twitter , tidak seperti Facebook yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang sudah menjadi teman.
ü    Batasan karakter posting hanya 140 karakter. Jika ternyata postingan blog yang akan di-twitter-kan memiliki jumlah karakter judul dan permalink yang melebihi 140 karakter , maka kita harus menggunakan fasilitas url shortener untuk memperpendek jumlah karakter permalink.

2.  Facebook
               Facebook merupakan salah satu media sosial favorit dan paling banyak digunakna di dunia. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2012. Fitur yang dapat digunakan dalam facebook diantaranya:
1.  Update Status (Status Terkini) : fitur yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Berfungsi untuk mengirimkan pesan yang akan tampil disetiap home atau beranda pengguna Facebook itu sendiri ataupun orang lain yang telah menjadi teman di Facebook pengguna tersebut. 

2.    Message (Pesan) : untuk mengirim pesan ke pengguna facebook lain.

3.  Chat (Obrolan) : untuk saling berbicara dengan pengguna facebook lain melalui tulisan secara langsung dan real time.

4.   Photos (Foto) : untuk menyimpan dan  membagikan foto – foto dan ruang untuk memasang foto.

5.   Video : untuk menyimpan dan  membagikan video.
6.   Friends (Teman) :
berfungsi untuk meminta pengguna Facebook lain untuk ditambahkan ke dalam daftar teman Facebooknya dengan mengirimkan Friend Request , dan hal tersebut bisa diterima ataupun ditolak. 

7.  Applications (Aplikasi) : mensinkronisasikan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk hiburan dan hal lainnya.
8.   Gifts (Hadiah): untuk saling bertukar hadiah.
9.  Notes (Catatan) : untuk menulis catatan dan membagikan dengan pengguna facebook lainnya.
10. Wall (Dinding) : Merupakan ruang disetiap halaman profil pengguna yang memungkinkan pengguna lain mengirimkan pesan ke pengguna tersebut agar dibaca , sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan tersebut ditulis.

11. Poke (Colek) : untuk saling ‘mencolek’ secara virtual.
12. Games (Permainan)
13. Menu Promosi : untuk mempromosikan informasi yang di share ke facebook
14. Inbox
15. Search Bar: Berfungsi sebagai alat pencari atau search engine yang hanya dikhususkan untuk lingkungan Facebook saja. Contohnya mencari akun pengguna lain , halaman , tempat , grup , aplikasi , acara , hasil web , dan kiriman-kiriman dari pengguna lain.
Kelebihan :
ü  Membantu mendapatkan teman baru di dunia maya
ü  Bagi para pebisnis, sebagai alat bantu untuk mempromosikan produk
ü  Sebagai sarana komunikasi digital jarak jauh
Kekurangan :
o   Berkurangnya privasi akan kehidupan pribadi seseorang
o   Pemalsuan identitas 


3. Youtube
Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005 untuk saat ini Youtube merupakan anak perusahaan Google dari tahun 2006-sekarang. Situs ini memungkinkan penguna mengunggah, menonton dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor di San Bruno,California dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam content video buatan penguna, termasuk klip film, klip TV dan video music.
 Fitur yang terdapat dalam Youtube :
ü  Playback : Berfungsi untuk memutar video pada situs YouTube dengan bebas.
ü  3D Video : YouTube telah menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk dapat mengupload video dalam format 3D.
Fitur Social Youtube
Fitur ini memungkinkan kita menambahkan akan social media lainnya di channel youtube kita. Google+ sudah secara default connect karena youtube merupakan bagian dari Google Inc
Fitur Browse Page
Pada Youtube Browse page adalah homepage dimana kita bias melihat video yang paling banyak dilihat dari keseluruhan category maupun keseluruhan category.di youtubr juga terdapat Most Viewed Today
Kelebihan 
ü  3.    Upload Video : Berfungsi untuk mengupload video ke situs ini dengan batasan maksimal 15MB per video, namun apabila kita memiliki track record yang bagus , kemungkinan YouTube akan menawarkan kapasitas upload tanpa batas.
ü  Gratis
ü  Dapat Mendownload semua video tanpa harus login
ü  Kualitas Codec mengunakan H.264/MPEG-4 AVC dengan audio ACC stereo
ü  Ajang Edukasi streaming, misal WebMinar semacam seminar melalui video
ü  Playback dengan HTML5
Kekurangan
·         Bisa disalah gunakan oleh penguna
·         Tidak cocok untuk slow connection/ bandwith rendah
·         Tidak bisa mendownload secara langsung

4. Path 

  

             Path merupakan salah satu jejaring sosial yang dapat membagikan moment pada saat itu juga. Fitur yang ada pada path diantaranya:
  1. Profil : Fitur profil memungkinkan pengguna Path untuk mengatur tampilan dari halaman Path. Selain dapat mengubah gambar yang menjadi gambar profil, pengguna juga dapat mengubah gambar dari latar belakang halaman Path pengguna. Selain mengubah gambar, pengguna juga dapat menyambungkan setiap momen yang diunggah. Path dapat mengunggah momen dari pengguna ke dalam beberapa jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan Foursquare.
  2. Belanja : Fitur belanja merupakan fitur terbaru yang diluncurkan oleh Path yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh stiker yang dapat digunakan dalam mengirim pesan. Selain stiker, fitur belanja juga menyediakan beberapa pilihan saringan untuk foto dan video. Setiap stiker dan filter yang tersedia dalam fitur ini merupakan produk berbayar.
  3. Mengunggah Foto dan Video : Fitur lain dari Path adalah foto dan video di mana pengguna dapat mengunggah foto dan juga video untuk berbagi dengan pengguna lain. Proses pengunggahan foto dapat melalui proses edit terlebih dahulu dengan filter foto yang tersedia. Untuk unggahan video, pengguna dapat mengunggah video yang ada dengan batas waktu tertentu. Mengunggah foto dan video dapat dilakukan dengan mengambil data yang tersedia di dalam telepon seluler ataupun mengambil foto dan video baru.
  4. Mengunggah Lokasi : Path memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi berada dengan pengguna lain. Fitur ini dapat tersambung dengan jejaring sosial Foursquare apabila pengguna memiliki akun di jejaring sosial tersebut. Penandaan lokasi dilakukan dengan GPS yang terdapat di dalam telepon seluler pengguna dan mengakses data dari lokasi yang tersedia melalui Foursquare.
  5. Musik, Film, Buku : Pengguna Path dapat membagikan musik yang sedang mereka dengar, film yang sedang ditonton, atau buku yang sedang dibaca oleh pengguna sendiri kepada pengguna lainnya. Data dari musik, film, dan buku dapat diambil dari arsip Path sendiri. Pengguna terlebih dahulu mencari judul dari lagu, film, dan buku yang diinginkan dan kemudian dipilih untuk dibagikan dengan pengguna lain.
  6. Mengunggah Status : Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah status yang diinginkan dengan menggunakan huruf serta emoticon yang ada. Fitur-fitur Path ini dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu post.
  7. Tidur : Fitur ini menandakan bahwa si pengguna sedang tidur dan dapat menghitung jangka waktu dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol bangun ditekan kemudian. Pada saat mode tidur sedang aktif, pengguna tidak dapat mengakses halaman Path sebelum tombol bangun ditekan. Apabila pengguna mengaktifkan fitur ini maka akan muncul status tidur di halaman pengguna sendiri dan pengguna lainnya. Demikian pula halnya apabila tombol bangun ditekan kemudian. 
  8. Mengirim Pesan Kepada Pengguna Lain : Fitur ini merupakan salah satu fitur terbaru Path di mana pengguna dapat mengirim pesan secara pribadi kepada pengguna lain. Pengguna yang akan menerima pesan haruslah terlebih dahulu menjadi teman dari pengguna. Pesan pribadi ini dapat menggunakan huruf, emoticon maupun stiker yang dapat didapatkan dari fitur belanja.
  9. Komentar : Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah komentar untuk setiap momen dari pengguna lain yang telah menjadi teman. Fitur komentar dapat digunakan untuk setiap jenis momen yang ada seperti foto, status, musik, dll.
  10. Emosi : Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyatakan emosi yang merupakan tanggapan dari setiap momen pengguna lain. Emosi yang dapat dipilih adalah “senyum”, “berkerut”, “terkejut”, “tertawa”, dan “suka”. Setiap emosi yang dipilih oleh pengguna lain atas momen yang diunggah akan terlihat pada momen tersebut.
  11. Terlihat : Fitur ini memberikan pengguna informasi atas berapa banyak dari pengguna lain yang telah melihat momen yang diunggah pengguna. Setiap pengguna yang telah melihat momen yang diunggah akan terlihat di bagian khusus dan dapat diakses oleh setiap pengguna.
5.    Google +
 

Google + atau Google Plus merupakan produk dari perusahaan Raksasa Internet Google Inc yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google Plus merupakan salah satu situs Jejaring sosial yang memiliki perkembangan terpesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil menarik 343 juta pengguna aktif. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan yang kuat dengan semakin popularnya sistem operasi untuk ponsel yaitu Android dan juga posisi kuat Google dalam Mesin Pencari (Search Engine).
 Fitur yang ada pada Google+ diantaranya:
1.    Circles memungkinkan pengguna untuk mengatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi. Meskipun pengguna lain dapat melihat daftar orang-orang dalam koleksi lingkaran pengguna, mereka tidak dapat melihat nama-nama lingkaran mereka. Pengaturan privasi juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pengguna di kalangan mereka serta yang telah mereka dalam lingkaran mereka. Organisasi dilakukan dengan menyeret antarmuka. Sistem ini menggantikan fungsi daftar teman biasa digunakan oleh situs-situs seperti Facebook.
2. Hangouts adalah tempat untuk memfasilitasi group video chat [maksimak 10 orang dalam satu hangout dalam satu hangout pada sekali sesi]. Akan tetapi, siapapun di web bisa bergabung hangout jika mereka mempunyai URL hangout unik.
3.  Messenger (sebelumnya dikenal sebagai Huddle) adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles.
4.         Hangouts adalah tempat yang digunakan untuk memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan maksimal 10 orang berpartisipasi dalam Hangout tunggal pada setiap titik waktu). Namun, siapa pun di web ini berkesempatan untuk bergabung dengan 'Hangout' jika mereka kebetulan memiliki URL yang unik dari Hangout tersebut.
5.      Instant Upload khusus untuk ponsel Android untuk menyimpan foto atau video dalam album pribadi untuk berbagi nanti.
6.       s arks merupakan front-end dari google search, memungkinkan user mengidentifikasi topik-topik yang mungkin menarik user untuk disharing dengan pengguna lain..     
7.       Streams, pengguna melihat perkembangan terbaru dari orang-orang di kalangan mereka, perkembangan terbaru mirip dengan news feed di Facebook. Kotak input memungkinkan pengguna untuk memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah dan berbagi foto dan video.

2.    Jelaskan masing – masing komunitas apa saja yang terbentuk melalui sosial media tersebut beserta aktifitas yang dilakukan melalui sosial media tersebut.
Dengan berbagai fitur yang telah disediakan, banyak sekali yang membentuk berbagai macam komunitas dengan berbagai macam kebutuhan.
Contoh:
komunitas motor. Dengan adanya media social mereka dengan mudah bertukar pikiran tanpa harus bertemu secara langsung,  selin tiu media social bisa juga sebagai promosi komunitasnya sehingga menjadi banyak peminatnya.

3.    Jelaskan dampak positif dan negatif yang terjadi.
Dampak Positif
·         Sebagai tempat promosi
Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan
·         Ajang memperbanyak teman
Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah
·         Sebagai media komunikasi
Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri
·         empat mencari informasi
Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya
  • Tempat berbagi
    Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara
Dampak Negatif
  • Munculnya tindak kejahatan
    Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan
  • Mengganggu hubungan antar pasangan
    Media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain
  • Menimbulkan sifat candu
    Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar

Sumber :
http://www.teen.co.id/inspirasi/198-15-ilustrasi-satir-ini-menggambarkan-ketergantungan-pengguna-media-sosial-kamu-termasuk-salah-satunya
http://kreatifkost.blogspot.co.id/2016/01/45-ilustrasi-ini-sangat-menyindirmu.html
http://aduba.co/sosial-media-terpopuler-2016.html
http://nurrahmanp.blogspot.co.id/2012/10/facebook_15.html
http://gelut.com/lifestyle/fitur-baru-facebook-yang-mengesankan-tahun-2016/ 
https://id.wikipedia.org/wiki/Google%2B



Tidak ada komentar:

Posting Komentar