PENGANTAR
TELEMATIKA (TUGAS 2)
Twitter merupakan layanan jejaring sosial dan mikroblog daring
yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks
hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan
pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey Evan Williams, Biz Stone dan Noah
Glass, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak
diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling
sering dikunjungi di Internet, twitter mengalami pertumbuhan yang pesat
dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari
2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di
antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya
berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013,
pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter
menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per
hari.Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring
sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya
menempati peringkat dua puluh dua.
Fitur yang terdapat Twitter diantaranya:
1. Reply Tweet : untuk
membalas tweet dari user lain.
2. Hashtag : untuk mengkategorikan
tweet yang kamu buat, tanda tersebut berupa tanda pagar
3. Retweet : untuk meneruskan
tweet dari orang lain ke timeline akun twitter.
4. Follower (Pengikut) :
setiap follower yang memfollow anda akan mengetahui tweet yang kita posting di
timeline follower.
5. Following
(yang melakukan disebut Followers) : Akun seseorang yang mengikuti (menjadi
follower) akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti
tersebut masuk ke dalam halaman utamanya.
6. Trending topics : untuk melihat
hal apa saja yang menjadi trend.
7. Tag : untuk menandai sesorang dalam
sebuah foto yang telah diunggah.
8.
Tweets : Berfungsi untuk mengirimkan
pesan berupa teks hingga 140 karakter pada halaman profil pengguna.
9.
Direct Message : Berfungsi untuk
mengirimkan pesan yang biasanya bersifat pribadi kepada pengguna lain.
Kelebihan Twitter :
ü Status Twitter dapat dikirim melalui
e-mail , SMS , dan jejaring sosial lainnya.
ü Dapat diakses di berbagai media atau
gadget , seperti smartphone , tablet , notebook atau PC.
ü Status Twitter dapat langsung
diumumkan ke seluruh pengguna Twitter , tidak seperti Facebook yang hanya dapat
dilihat oleh pengguna yang sudah menjadi teman.
ü Batasan karakter posting hanya 140
karakter. Jika ternyata postingan blog yang akan di-twitter-kan memiliki jumlah
karakter judul dan permalink yang melebihi 140 karakter , maka kita harus
menggunakan fasilitas url shortener untuk memperpendek jumlah karakter
permalink.
Facebook
merupakan salah satu media sosial favorit dan paling banyak digunakna di dunia.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2012. Fitur yang dapat
digunakan dalam facebook diantaranya:
1.
Update Status (Status Terkini) : fitur yang paling banyak digunakan oleh
pengguna. Berfungsi untuk mengirimkan pesan yang akan tampil disetiap home atau
beranda pengguna Facebook itu sendiri ataupun orang lain yang telah menjadi
teman di Facebook pengguna tersebut.
2. Message (Pesan) : untuk mengirim pesan
ke pengguna facebook lain.
3. Chat (Obrolan) : untuk
saling berbicara dengan pengguna facebook lain melalui tulisan secara langsung
dan real time.
4. Photos (Foto) : untuk
menyimpan dan membagikan foto – foto dan
ruang untuk memasang foto.
5. Video : untuk
menyimpan dan membagikan video.
6. Friends (Teman) :
berfungsi untuk meminta pengguna Facebook lain untuk
ditambahkan ke dalam daftar teman Facebooknya dengan mengirimkan Friend Request
, dan hal tersebut bisa diterima ataupun ditolak.
7. Applications (Aplikasi) :
mensinkronisasikan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk hiburan dan hal
lainnya.
8. Gifts (Hadiah): untuk
saling bertukar hadiah.
9. Notes (Catatan) : untuk
menulis catatan dan membagikan dengan pengguna facebook lainnya.
10.
Wall (Dinding) : Merupakan ruang disetiap halaman profil pengguna yang
memungkinkan pengguna lain mengirimkan pesan ke pengguna tersebut agar dibaca ,
sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan tersebut ditulis.
11. Poke (Colek) : untuk saling
‘mencolek’ secara virtual.
12. Games (Permainan)
13. Menu Promosi : untuk
mempromosikan informasi yang di share ke facebook
14. Inbox
15. Search Bar: Berfungsi sebagai
alat pencari atau search engine yang hanya dikhususkan untuk lingkungan
Facebook saja. Contohnya mencari akun pengguna lain , halaman , tempat , grup ,
aplikasi , acara , hasil web , dan kiriman-kiriman dari pengguna lain.
Kelebihan :
ü Membantu mendapatkan teman baru di
dunia maya
ü Bagi para pebisnis, sebagai alat
bantu untuk mempromosikan produk
ü Sebagai sarana komunikasi digital
jarak jauh
Kekurangan :
o
Berkurangnya
privasi akan kehidupan pribadi seseorang
o
Pemalsuan
identitas
3. Youtube
Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat
oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005 untuk saat ini Youtube
merupakan anak perusahaan Google dari tahun 2006-sekarang. Situs ini
memungkinkan penguna mengunggah, menonton dan berbagi video. Perusahaan ini
berkantor di San Bruno,California dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan
HTML5 untuk menampilkan berbagai macam content video buatan penguna, termasuk
klip film, klip TV dan video music.
Fitur yang terdapat dalam Youtube :
ü Playback : Berfungsi untuk memutar
video pada situs YouTube dengan bebas.
ü 3D Video : YouTube telah menyediakan
fasilitas bagi penggunanya untuk dapat mengupload video dalam format 3D.
Fitur Social Youtube
Fitur
ini memungkinkan kita menambahkan akan social media lainnya di channel youtube
kita. Google+ sudah secara default connect karena youtube merupakan bagian dari
Google Inc
Fitur Browse Page
Pada
Youtube Browse page adalah homepage dimana kita bias melihat video yang paling
banyak dilihat dari keseluruhan category maupun keseluruhan category.di youtubr
juga terdapat Most Viewed Today
Kelebihan
ü 3. Upload Video : Berfungsi untuk
mengupload video ke situs ini dengan batasan maksimal 15MB per video, namun
apabila kita memiliki track record yang bagus , kemungkinan YouTube akan
menawarkan kapasitas upload tanpa batas.
ü Gratis
ü Dapat Mendownload semua video tanpa
harus login
ü Kualitas Codec mengunakan
H.264/MPEG-4 AVC dengan audio ACC stereo
ü Ajang Edukasi streaming, misal
WebMinar semacam seminar melalui video
ü Playback dengan HTML5
Kekurangan
·
Bisa
disalah gunakan oleh penguna
·
Tidak
cocok untuk slow connection/ bandwith rendah
·
Tidak
bisa mendownload secara langsung
4. Path
- Profil : Fitur profil memungkinkan pengguna Path untuk mengatur tampilan dari halaman Path. Selain dapat mengubah gambar yang menjadi gambar profil, pengguna juga dapat mengubah gambar dari latar belakang halaman Path pengguna. Selain mengubah gambar, pengguna juga dapat menyambungkan setiap momen yang diunggah. Path dapat mengunggah momen dari pengguna ke dalam beberapa jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan Foursquare.
- Belanja : Fitur belanja merupakan fitur terbaru yang diluncurkan oleh Path yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh stiker yang dapat digunakan dalam mengirim pesan. Selain stiker, fitur belanja juga menyediakan beberapa pilihan saringan untuk foto dan video. Setiap stiker dan filter yang tersedia dalam fitur ini merupakan produk berbayar.
- Mengunggah Foto dan Video : Fitur lain dari Path adalah foto dan video di mana pengguna dapat mengunggah foto dan juga video untuk berbagi dengan pengguna lain. Proses pengunggahan foto dapat melalui proses edit terlebih dahulu dengan filter foto yang tersedia. Untuk unggahan video, pengguna dapat mengunggah video yang ada dengan batas waktu tertentu. Mengunggah foto dan video dapat dilakukan dengan mengambil data yang tersedia di dalam telepon seluler ataupun mengambil foto dan video baru.
- Mengunggah Lokasi : Path memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi berada dengan pengguna lain. Fitur ini dapat tersambung dengan jejaring sosial Foursquare apabila pengguna memiliki akun di jejaring sosial tersebut. Penandaan lokasi dilakukan dengan GPS yang terdapat di dalam telepon seluler pengguna dan mengakses data dari lokasi yang tersedia melalui Foursquare.
- Musik, Film, Buku : Pengguna Path dapat membagikan musik yang sedang mereka dengar, film yang sedang ditonton, atau buku yang sedang dibaca oleh pengguna sendiri kepada pengguna lainnya. Data dari musik, film, dan buku dapat diambil dari arsip Path sendiri. Pengguna terlebih dahulu mencari judul dari lagu, film, dan buku yang diinginkan dan kemudian dipilih untuk dibagikan dengan pengguna lain.
- Mengunggah Status : Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah status yang diinginkan dengan menggunakan huruf serta emoticon yang ada. Fitur-fitur Path ini dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu post.
- Tidur : Fitur ini menandakan bahwa si pengguna sedang tidur dan dapat menghitung jangka waktu dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol bangun ditekan kemudian. Pada saat mode tidur sedang aktif, pengguna tidak dapat mengakses halaman Path sebelum tombol bangun ditekan. Apabila pengguna mengaktifkan fitur ini maka akan muncul status tidur di halaman pengguna sendiri dan pengguna lainnya. Demikian pula halnya apabila tombol bangun ditekan kemudian.
- Mengirim Pesan Kepada Pengguna Lain : Fitur ini merupakan salah satu fitur terbaru Path di mana pengguna dapat mengirim pesan secara pribadi kepada pengguna lain. Pengguna yang akan menerima pesan haruslah terlebih dahulu menjadi teman dari pengguna. Pesan pribadi ini dapat menggunakan huruf, emoticon maupun stiker yang dapat didapatkan dari fitur belanja.
- Komentar : Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah komentar untuk setiap momen dari pengguna lain yang telah menjadi teman. Fitur komentar dapat digunakan untuk setiap jenis momen yang ada seperti foto, status, musik, dll.
- Emosi : Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyatakan emosi yang merupakan tanggapan dari setiap momen pengguna lain. Emosi yang dapat dipilih adalah “senyum”, “berkerut”, “terkejut”, “tertawa”, dan “suka”. Setiap emosi yang dipilih oleh pengguna lain atas momen yang diunggah akan terlihat pada momen tersebut.
- Terlihat : Fitur ini memberikan pengguna informasi atas berapa banyak dari pengguna lain yang telah melihat momen yang diunggah pengguna. Setiap pengguna yang telah melihat momen yang diunggah akan terlihat di bagian khusus dan dapat diakses oleh setiap pengguna.
5. Google +
Google + atau Google Plus merupakan produk dari perusahaan
Raksasa Internet Google Inc yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin.
Google Plus merupakan salah satu situs Jejaring sosial yang memiliki
perkembangan terpesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil menarik
343 juta pengguna aktif. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan yang kuat
dengan semakin popularnya sistem operasi untuk ponsel yaitu Android dan juga
posisi kuat Google dalam Mesin Pencari (Search Engine).
Fitur yang ada pada
Google+ diantaranya:
1. Circles memungkinkan pengguna untuk
mengatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi. Meskipun pengguna lain dapat
melihat daftar orang-orang dalam koleksi lingkaran pengguna, mereka tidak dapat
melihat nama-nama lingkaran mereka. Pengaturan privasi juga memungkinkan
pengguna untuk menyembunyikan pengguna di kalangan mereka serta yang telah
mereka dalam lingkaran mereka. Organisasi dilakukan dengan menyeret antarmuka.
Sistem ini menggantikan fungsi daftar teman biasa digunakan oleh situs-situs
seperti Facebook.
2. Hangouts adalah tempat untuk
memfasilitasi group video chat [maksimak 10 orang dalam satu hangout dalam satu
hangout pada sekali sesi]. Akan tetapi, siapapun di web bisa bergabung hangout
jika mereka mempunyai URL hangout unik.
3. Messenger (sebelumnya dikenal sebagai Huddle)
adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk
berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles.
4.
Hangouts adalah tempat yang digunakan untuk
memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan maksimal 10 orang berpartisipasi
dalam Hangout tunggal pada setiap titik waktu). Namun, siapa pun di web ini
berkesempatan untuk bergabung dengan 'Hangout' jika mereka kebetulan memiliki
URL yang unik dari Hangout tersebut.
5. Instant
Upload khusus untuk ponsel Android untuk
menyimpan foto atau video dalam album pribadi untuk berbagi nanti.
6. s arks merupakan front-end dari google search, memungkinkan user mengidentifikasi
topik-topik yang mungkin menarik user untuk disharing dengan pengguna lain..
7.
Streams, pengguna melihat perkembangan
terbaru dari orang-orang di kalangan mereka, perkembangan terbaru mirip
dengan news feed di Facebook. Kotak input memungkinkan pengguna untuk
memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah dan berbagi
foto dan video.
2. Jelaskan masing
– masing komunitas apa saja yang terbentuk melalui sosial media tersebut
beserta aktifitas yang dilakukan melalui sosial media tersebut.
Dengan
berbagai fitur yang telah disediakan, banyak sekali yang membentuk berbagai
macam komunitas dengan berbagai macam kebutuhan.
Contoh:
komunitas
motor. Dengan adanya media social mereka dengan mudah bertukar pikiran tanpa
harus bertemu secara langsung, selin tiu
media social bisa juga sebagai promosi komunitasnya sehingga menjadi banyak
peminatnya.
3. Jelaskan dampak
positif dan negatif yang terjadi.
Dampak
Positif
·
Sebagai
tempat promosi
Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan
Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan
·
Ajang
memperbanyak teman
Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah
Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah
·
Sebagai
media komunikasi
Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri
Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri
·
empat
mencari informasi
Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya
Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya
- Tempat berbagi
Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara
Dampak Negatif
- Munculnya tindak kejahatan
Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan - Mengganggu hubungan antar pasangan
Media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain - Menimbulkan sifat candu
Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar
Sumber :
http://www.teen.co.id/inspirasi/198-15-ilustrasi-satir-ini-menggambarkan-ketergantungan-pengguna-media-sosial-kamu-termasuk-salah-satunya
http://kreatifkost.blogspot.co.id/2016/01/45-ilustrasi-ini-sangat-menyindirmu.html
http://aduba.co/sosial-media-terpopuler-2016.html
http://nurrahmanp.blogspot.co.id/2012/10/facebook_15.html
http://gelut.com/lifestyle/fitur-baru-facebook-yang-mengesankan-tahun-2016/
http://aduba.co/sosial-media-terpopuler-2016.html
http://nurrahmanp.blogspot.co.id/2012/10/facebook_15.html
http://gelut.com/lifestyle/fitur-baru-facebook-yang-mengesankan-tahun-2016/
https://id.wikipedia.org/wiki/Google%2B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar